Obat alami untuk sakit tenggorokan

Sakit Tenggorokan memang kadang sangat membuat kesal, karena jadi susah bernafas, susah makan minum, susah tidur, dan bisa menghambat aktivitas keseharian kita.
Sakit Tenggorokan ini pada dasarnya terjadi akibat radang tenggorokan atau disebut juga parangtritis disebabkan oleng virus atau bakteri jahat.
Gejala umumnya terasa dari sulit menelan makanan, sakit pada tenggorokan, tenggorokan terasa kering, sulit ketika bernafas atau berbicara,  terasa sah agar tidak nyaman.
Jika dikelompokkan berdasarkan waktu lamanya terjangkit, sakit tenggorokan bisa dikelompokkan menjadi beberapa macam:


Pertama : sakit tenggorokan akut
Gejala yang ditimbulkan adalah demam pilek atau flu, nyeri pada tenggorokan, rasa sakit yang luar biasa saat menelan makanan dan terjadinya pembesaran kelenjar getah bening pada leher.
Tandanya terjadi kurang dari dua minggu.

Kedua : sub kronik
Ditandai dengan adanya bercak merah pada tenggorokan, dan tenggorokan akan terlihat agak membengkak.
Terjadinya dua minggu sampai tiga bulan.

Ketiga: kronik
Pada fase ini justru sebaliknya, hanya ditandai denga rasa gatal pada tenggorokan dan tidak disertai rasa sakit. Tenggorokan terasa kering dan ada rasa dahaga yang mengganjal karena sulit dikeluarkan.
Terjadinya lebih dari tiga bulan.

Penyebab :
Penyebab utama dari sakit tenggorokan atau radang tenggorokan ini adalah:
Polusi udara.
debu dijalanan akibat kendaraaan, asap yang timbul dari home industri, atau asap karena pembakaran limbah atau sampah,.
Ini bisa menyebabkan iritasi pada tenggorokan.
Merokok
Bukan lagi rahasia, bahwa rokok sangat membahayakan baik untuk si perokok ataupun lingkungan sekitar, asap rokok yang mengandung nikotin, kemudian masuk kedalam tubuh. Ini berpotensi besar yang menyebabkan terjadi nya iritasi infeksi dan radang tenggorokan.
Makanan
Makanan pedas, mengandung asam, mengandung minyak, dingin dan beralkohol, ini juga berpotensi menyebabkan terjadinya radang tenggorokan.
Asam lambung
Refluks asam lambung yang naik ke tenggorokan juga bisa menyebabkan terjadinya radang tenggorokan.
Dan masih banyak faktor penyebab terjadinya radang pada tenggorokan ini.

Cara mengobati sakit tenggorokan secara alami atau tradisional.

Bawang putih
Zat allicin yang terkandung didalamnya ternyata mampu mengatai masalah tenggorokan, caranya mudah, cukup kunyah bawang putih ini hingga begitu terasa di tenggorokan, lakukan beberapa menit, kemudian berkumur.

Kunyit
Campurkan perahan air kunyit, dengan garam secukupnya kedalam segelas air hangat, kemudian coba kumur kumurkan, lakukan beberapa kali hingga terasa ada perubahan di tenggorokan.
Buah belimbing
Caranya ambil beberapa buah belimbing manis, kemudian dibuat jus, lalu minum. Lakukan seperlunya.

Daun kemangi
Caranya cukup rebus daun kemangi secukupnya, kemudian minum, atau jika kurang suka tasnya cukup berkumur,lakukan hingga beberapa kali dan rasakan perubahan ya.

Jahe
Iris jahe secukupnya,kemudian rebus campur dengan daun sirih. Saring kemudian ambil airnya jangan lupa campur dengan satu atau dua sendok madu, kemudian minum.

Sebenarnya sakit tenggorokan atau radang tenggorokan ini bisa kita cegah atau setidaknya minimalisr jika kita mau membiasakan pola hidup sahat,  menghentikan kebiasan merokok, rajin berolahraga dengan teratur, jangan minuman beralkohol, banyak minum air putih, dan sering seringkali konsultasi dengan dokter anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Obat alami untuk sakit tenggorokan"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya sahabat, jika bekenan silahkan tinggalkan komentar yang membangun atau saran yang baik sebagai media silaturrahmi anatar kita.