Obat alami untuk sakit kepala

Pada umumnya setiap orang dari anak anak sampai dewasa, pernah mengalami apa yang disebut sakit pada kepala atau sakit kepala.

Ada bebetapa jenis katagori sakit kepala seperti :
Sakit kepala primer,
Sakit kepala sekunder, 
Nyeri saraf kranial (cranial neuralgia) , nyeri wajah, dan
sakit kepala lainnya.

Kita tidak akan bahas jenis jenis sakit kepala ini, karena ini kapasitas dokter khusus penyakit dalam dan syaraf, karena kepala adalah anggota tubuh yang sangat vital, karena disinilah tempat otak yang mengatur keseimbangan tubuh, dan tempat memori otak menganalisa segala yang kita dengar, kita lihat, dan kita rasa.. jadi sangat sangatlah vital.
Tapi kita akan fokus bicara masalah penyebab sakit kepala secara umum dan cara penanganan secara alami atau tradisional.
Pada umumnya sakit kepala yang menyerang seseorang disebabkan oleh beberapa faktor penting.

Waktu tidur yang kurang dan tidak teratur
Kurangnya tidur atau waktunya yang tidak teratur bisa menjadi penyebab timbul nya sakit kepala, sering tidur terlalu larut, hingga menyebabkan susah tidur.
Olah raga yang terlalu berlebihan
Olah raga yang terlalu berlebih kadang bisa juga menyebabkan timbulnya sakit kepala,  fisik yang terlalu dipaksakan hingga menyebabkan pembuluh darah membesar, karena sirkulasi darah dari kepala kelenjar yang berlebih akibat olah raga yang terlalu dipaksakan.
Yang terpenting lakukan olah raga secara teratur bukan dipaksakan berlebihan.
Terlalu banyak minum manis
Terlalu banyak minum minuman yang mengandung rasa manis, juga bisa menyebabkan timbulnya sakit kepala. Minum teh atau kopi atau minuman kaleng yang berlebihan dengan tanpa minum air putih yang cukup,.
Yang penting adalah banyak minum air putih dan kurangi minum minuman manis yang berlebihan.
Hormon
Ini paling sering terjadi pada wanita, turunnya estrogen pada saat menstruasi yang menyebabkan timbul nya hormon mendorong terjadinya sakit kepala.
Akibat setres
Secara umum setres adalah penyebab yang dominan untuk penderita sakit kepala.
Karena tetangganya otot syaraf, area baju,leher sang kepala, sehingga mendorong terjadinya sakit pada kepala.

Ini adalah faktor secara umum, banyak faktor lain yang menyebabkan timbulnya sakit kepala.
Cara Mengatasi sakit kepala secara alami atau secara tradisional.
Ada baiknya dicoba dulu cara alami untuk mengatasi sakit kepala, dan usahakan jangan terlalu sering minum obat yang terlalu banyak mengandung bahan bahan kimiawi.


Daun alpokat
Caranya, ambil beberapa lembar daun alpokat, bersihkan kemudian rebus dan minum airnya. Atau bisa juga diseduh dengan air panas..
Minum 1-2 kali sehari

Bunga kenanga dan jahe.
Caranya, siapkan jahe sekitar kurang lebih 15-20 gram, begitu juga bunga kenanga, setelah jene dipotong kecil kecil, rebus bersama bungan kenanga, setelah itu saring airnya kemudian minum. Sifat alami jahe yang bisa menghangatkan tubuh bisa melancarkan peredaran darah ke kepala, pun sebaliknya.

Jus jeruk atau lemon
Caranya jeruk yang sudah matang dikupas dan masukkan kedalam blender untuk di buat jus. Kemudian Tumbuk kulitnya dan tempelkan dileher atau dahi. Rasa asam
yang ada pada jeruk bisa mengurangi sedikit rasa setres yang menjadi penyebab sakit kepala.

Ini adalah beberapa jenis pengobatan secara alami atasi tradisional, sebenarnya ada beberapa cara yang cukup efektif untuk mengatasi sakit kepala ini tanpa harus menggunakan obat baik alami atau dengan resep.
Seperti : tidur yang cukup, banyak banyak minum air putih, pijat tradisional atau pun pijat refleksi untuk menurunkan tingkat setres, bisa juga dengan dikompres denga air panas ataupun air dingin..

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Obat alami untuk sakit kepala"

  1. Nice posting :)
    Lumayan juga jus jeruk atau lemon dapat membantu obati sakit kepala :)

    mungkin susah klo mesti mencari Daun alpokat jg Bunga kenanga dan jahe.

    Salam kenal :)

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya sahabat, jika bekenan silahkan tinggalkan komentar yang membangun atau saran yang baik sebagai media silaturrahmi anatar kita.