Tanaman obat keluarga,Manfaat Sirih dan Ciplukan

Sirih

Sirih (Piper betle) Adalah merupakan famili Piperaceae,. yakni termasuk jenis tumbuhan merambat, yang menjalar dan melilit pada pokok pohon lain atau atau merambat pada tempat yang memang disiapkan untuk tempat merambatnya. tingginya bisa mencapai puluhan meter tergantung tinggi pohon atau tempat merambatnya.
daun nya yang mempunyai bau yang khas merupakan ciri tanaman ini, batang nya juga berbentuk siku dan mudah petel. pada siku siku inilah tempat tumbuhnya akar rambat untuk memperkuat cengkramanya pada pohon tempatnya merambat.
sirih diperkirakan berasal dari Malysia, namun ada juga yang menyatakan merupakan tanaman asli india,.
jika dirunut dari historinya secara turun temurun, daun sirih paling banyak digunakan dan dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk "Nginang", dengan tambahan pinang, gambir, dan kapulaga dan kapur sirih, yang dipercaya mampu menguatkan gigi dan membunuh bakteri penyebaba penyakit radang pada mulut dan gusi.
namun pada perkembanganya, daun sirih baanyak dimanfaatkan sebagai campuran ramuan herbal, digunakan untuk mengatasi baberapa jenis penyakit, dan saat ini sudah semakin dikembangkan oleh beberapa home industri.
jenis sirih dikenal ada beberapa jenis, antara lain : sirih hijau tua, sirih kuning atau sirih gading, sirih kaki merpati dan sirih merah atau sirih hitam.

Manfaat sirih

Kandungan daun sirih :
sirih diyakini banyak mengandung zat dan bahan yang sangat bermanfaat untuk obat, antara lain : fenil propana, minyak atsiri, Minyak atsiri, hidroksikavicol, estragol,zat samak,  kavicol, kavibetol, allylpyrokatekol, caryophyllene, cyneole, betIephenol, cadinene, diastase, tanin, pati, seskuiterpena, terpennena,zat anti oksidan, anti jamur, dan berbagai kandungan dan senyawa lain.

Manfaat daun sirih :
Berbagai manfaat sirih antara lain : mengobati dan mengeluarkan batuk, membantu mengatasi sariawan dan bau mulut, mengatasi rdang tenggorokan, membantu melancarkan peredaran darah, mengatasi sakit gigi yang berlubang, membantu mengatasi penyakit jantung, mengurangi rasa nyeri pada tulang dan persendian, menghilangkan penyakit keputihan, sering dignakan untuk penderita asma, membantu menghilangkan bau badan, mengobati penyakit kulit dan eksim, dipercaya mampu menatasi penyakit mata,seperti mata merah dan kotor, mengobati mimisan, juga sering digunakan untuk penderita bronkhitis, dan berbagai manfaat lain.


          
Manfaat ciplukan

Ciplukan

Ciplukan (Physalis peruviana atau Physalis angulata) adalah jenis tumbuhan yang biasa tumbuh di semak belukar atau didataran tanah hutan yang baru dibuka dan di tanah tanah yang subur dan lembab seperti diladang, dipinggir sawah dan sebagainya.
tanaman ini merupakan jenis dari familia Solanaceae. dan tanaman ini tidak berumur panjang, paling lama satu tahun. tanaman ini paling tinggi mencapai satu meter,. ciri fisiknya bunga berwarna kuning, buah berwarna hijau bila masih muda, dan kuning jika sudah masak,terdapat didalam semacam cangkap.

kandungan tumbuhan ciplukan :
Asam Malat, flavonoid, Alkaloid, phyasalin K, Tanin, Kriptoxantin, Whithanolid, Vitamin C, Gula,Chlorogenik acid, asam palmitat, sitotoksik, imunosupresanmasi, anti oksidan, anti bakteri, Withangulatin A,Saponin, dan berbagai kandungan senyawa dan zat lain.

Manfaat ciplukan :
mengatasi penyakit maag, mengatasi diabetes, mengobati borok,bisul dan penyakit kulit lain, menurunkan tekanan darah dan melancarkan peredaran darah, membanatu mengatasi penyakit paru paru, mengatsi berbagi keluhan batuk, mengaktifkan fungsi kelenjar-kelenjar tubuh, anti tumor, Diabetes melitus, juga sering dimanfaatkan utuk mengatasi penderita ayan.


Sebelumnya : Manfaat cabe jawa dan Alpokat




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanaman obat keluarga,Manfaat Sirih dan Ciplukan"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya sahabat, jika bekenan silahkan tinggalkan komentar yang membangun atau saran yang baik sebagai media silaturrahmi anatar kita.