Tanaman Obat Keluarga, Manfaat Kunyit dan Lidah buaya

Kunyit

Kunyit (Curcuma domestic) adalah merupakan jenis Familia Zingiberaceae, selain dikenal luas sebagai rempah penyedap masakan dan bumbu dapur, tanaman ini juga dikenal sebagai Ramuan herbal alami yang sangat kaya akan senyawa dan zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh.
Kunyit diperkirakan merupakan tanaman asli asia tenggara, bahakan banyak yang menyebut bahwa kunyit merupakan tanaman rempah asli indonesia. karena jenis tanaman ini paling cocok tumbuh didaerah tropis yang tanahnya subur, karena yang paling sering dimanfaatkan adalah umbi atau rimpangnya.
walaupun kunyit ada beberpa jenis, kunyit putih, kunyit merah, kunyit hitam dan kunyit kuning.namun yang paling familiar adalah kunyit memiliki ciri khas warna rimpang yang berwarna kuning, jika sudah tua kuning kemerahan, dan baunya yang sangat khas, sehingga banyak orang yang menyukai kunyit sebgai penyedap bumbu masakan dan bunganya sebagai lalapan.





kandungan kunyit :
di dalam rimpang kunyit tersimpan berbagai zat dan senyawa alami yang sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagi penyakit, antara lain : Zat besi, fosfor, kalsium, Vitamin C, Protein, Karbohidrat, zat warna kurkuminoid, Lemak, felandren, sabinen,Arabinosa, fruktosa, glukosa,magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminium, pati, tanin, dammar borneol, sineil, Minyak asiri, Kurkumin, Demetoksikurkumin, Bisdemetoksikurkumin,dan berbagai zat dan senyawa alami lain.

Manfaat kunyit :
Kunyit memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh, antara lain,: baik untuk menurunkan tekanan darah untuk penderita hipertensi, memeperbaiki kualitas ASI, Sebagai obat radang perut, anti kanker, bagus untuk penderita tipes, melancarkan pencernaan dan peredaran darah, mengatasi panas dalam yang bisa menyebabkan radang, membantu mengatasi ganguan kulit, sebagai anti oksidan dan anti radang, dapat meminimalisir dan menghambat penyebaran tumor, bagus untuk wanita yang mengalami masalah haid, membantu mengatasi masalah usus buntu, dan masih banyak manfaat lain.




 Lidah buaya

Lidah buaya (Aloe barbadensis Milleer) adalah jenis tanaman Familia Liliaceae, yang asalnya diperkirakan berasal dari afrika, kemudian menyebar keseluruh dunia,.
jenis lidah buaya dikenal cukup banyak, mencapai 150-200 jenis, namun yang paling familiar dan sering dimanfaatkan dan paling banyak dibudidayakan adalah jenis Aloe barbadensis Milleer,. tumbuhan ini bisa hidup disemua area, yang bercuaca panas ataupu dingin.
tanaman ini sudah dikenal sejak zaman kuno yang diyakini mampu mengatasi berbagai macam penyakit, dan meningkatkan kebugaran serta digunakan untuk perawatan tubuh dan kecantikan,.
karena itulah banyak ramuan herbal, bahan dasar kosmetik dan kecantikan dihasilkan dari tanaman ini.

kandungan lidah buaya :
didalam tanamn ini terkandung berbagai senyawa dan zat kimia yang sering dimanfaatkan untuk tubuh, antara lain :  enzim, asam amino,Kadar air, Karbohidrat, Kalori, Lemak, Protein, Vitamin A, Vitamin C mineral, polisakarida, Thiamin, Riboflavin, Niasin, Kalsium, Zat Besi, juga mengandung zat anti oksidan, anti radang dan sebgainya.

Manfaat lidah buaya :
Ada segudang manfaat yang dihasilkan dari lidah buaya antara lain, Untuk perawatan tubuh dan kecantikan, Membantu mengatasi masalah pada penyakit kulit seperti eksim dan jerawat, paling sering digunakan untuk mengatasi masalah rambut, pelembab rambut, untuk merangsang pertumbuhan rambut, menghilangkan ketombe, sebagai tambahan nutrisi kulit kepala, membantu mengatasi penyakit diabetes, membatu mengatasi masalah pada mulut, gigi dan gusi, menambah imun pada tubuh terhadap serangan penyakit, dan juga saat ini dimanfaatkan sebagai bahan baku industri makanan dan minuman dinegara negara maju.

Sebelumnya : Manfaat kitolod dan kencur



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanaman Obat Keluarga, Manfaat Kunyit dan Lidah buaya"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya sahabat, jika bekenan silahkan tinggalkan komentar yang membangun atau saran yang baik sebagai media silaturrahmi anatar kita.