Manfaat Gula Merah

Mungkin tak ada orang yang tak mengenal jenis gula cantik yang satu ini, bahkan dari hasil study lebih banyak orang yang menyukai gula ini dari pada jenis gula yang lain karena rasa dan manfaatnya yang alami.

Gula merah adalah sejenis gula yang merupakan hasil dari produksi Nira , sedangkan Nira sendiri adalah sejenis cairan yang dikeluarkan dari pokok bunga pohon palma. Seperti aren, siwalan dan kelapa.
Kemudian dibentuk dalam cetakan yang bisa dibuat dari potongan pohon bambu, atau cetakan yang dibuat dari alumunium atau sejenisnya.
Gula ini kalau dalam suku jawa dikenal dengan nama gula jawa, atau secara umum dikenal dengan nama gula aren atau gula kelapa.
Rasa manis gula ini memang kalah bila dibandingkan dengan rasa gula jenis lain. Namun jika dilihat dari segi manfaat, gula merah ini banyak sekali mengandung manfaat yang belum terlalu banyak diketahui orang.
Gula merah mengandung zat makro dan mikronutrien lebih banyak daripada gula putih. Gula merah mengandung Mikronutriens eperti : Garam mineral,  Thiamine (vitamin B1), Riboflavin (vitamin B2), Nicotinic Acid (vitamin B3), Pyridoksin (vitamin B6) , Cyanocobalamin (vitamin B12), Ascorbic Acid (Vitamin C).
Selain dimanfaatkan secara turun temurun untuk bahan campuran pembuatan obat herbal, juga dijadikan sebagai pemanis alami untuk campuran pembuatan kue, masakan, makanan ringan dan lain lain.


Adapun manfaat gula merah ini sendiri adalah  :

- Untuk mengobati panas dalam dan sariawan.
Biasanya cara pengobatan nya dengan mencampurkan gula merah ini dengan asam jawa, kemudian disembuhkan.
- mengobati demam dan batuk berdahak.
Karena zat pemanis alaminya bisa mengencerkan dahak dan menurunkan panas.
- untuk melawan kanker
Kepercayaan yang turun temurun bahwa gula merah ini mengandung antioksidan yang sangat baik untuk melawan pertumbuhan kanker.
- baik untuk wanita baru melahirkan,
Dipercaya bisa memilihkan tenaga sehabis melahirkan, dah menghindarkan dari pembekuan darah.
- juga bagus mengurangi rasa nyeri ketika haid.
-meningkatan kadar gula darah, mengatai gejala anemia, dan meningkatkan metabolisme tubuh.
- bagus untuk penderita penyakit jantung dan dan penderita asma.

Bahkan masih banyak  manfaat lain. Jadi jangan pernah khawatir memanfaatkan dan mengkonsumsi jenis gula yang satu ini .

Baca juga : cara mengatasi batuk kering secara alami

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Gula Merah"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya sahabat, jika bekenan silahkan tinggalkan komentar yang membangun atau saran yang baik sebagai media silaturrahmi anatar kita.