Tanaman obat keluarga, Manfaat Lada dan Cengkeh

Lada

Lada (Piper nigrum Linn) adalah    jenis tanaman yang merambat yang biasa menumpang atau menjalar pada pokok pohon lain, atau pada tempat tempat yang memang dibuat sebagai rambatan.
asal tanaman ini diperkirakan berasal dari barat india. dan masuk ke indonesia diperkirakan sejak zaman penjajahan VOC.
lada tergolong rempah rempah yang paling terkenal, hingga banyak yang menyebutnya " The King of Spice (Raja Rempah-Rempah) ". lada sendiri merupakan tanaman musiman, yakni buahnya bisa dipanen hanya satu tahun sekali, tinggi tanaman ini tergantung tempat merambatnya, bisa mencapai puluhan meter, karena itulah petani lada menyiasati dengan membuat tempat rambatan yang kokoh,dan tidak terlalu tinggi.
jenis lada ini pada dasarnya hanya satu jenis, tapi cara pengolahan buahnya yang mebuat lada ini dibedakan menjadi beberapa jenis, seperti lada hitam, lada putih, lada merah dan lada hijau. selain sebagai bumbu dapur, lada juga paling sering dipakai sebagai ramuan herbal untuk tubuh.

kandungan tanaman lada : lada mengandung berbagai senyawa dan zat alami yang banyak membawa manfaat, antara lain,  Magnesium,  minyak lada,  Kalsium, Besi, Kalium, minyak lemak, Vitamin K, Vitamin B1, B2, B3, Vitamin E, pati, Manggan, Magnesium.

manfaat tanaman lada : tanaman rempah ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh, seperti pengobatan kanker dan tumor, mengatsi penyakit asma, mengatsi penyakit vitiligo, memantu melancarkan peredaran darah, membantu mengatasi penyakit anemia, menetralkan racun dalam tubuh, biasa juga digunakan untuk penderita wasir, sering digunakan untuk penderita darah rendah, juga bagus untuk melancarkan pebcernaan dan sebagainya.


tanaman lada



Cengkeh
cengkeh (Syzygium aromaticum) Adalah merupakan jenis rempah yang mempunyai pokok batang yang besar kayu keras dan banyak cabang. tingginya bisa mencapai 25 meter bahkan lebih. tanaman ini cocok ditanam di datarn tinggi ataupun datarn rendah. cengkeh dari indonesia dulu sangat dikenal, namun sekarang produksi petani cengkeh mulai menurun drastis, bahkan banyak yang alih profesi disebbkan oleh banyak faktor.

kandungan tanaman cengkeh : tanaman ini banyak mengandung zat dan senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan, baik pada daun, buah maupun akarnya, seperti :  eugenol, asam oleanolat, asam galotanat, fenilin, karyofilin, minyak atsiri, air, asam galatanat, kalsium oksala,metal-amilketon, vanillin, kariofilen, tannin, dan kandunagn senyawa lain.

manfaat tanaman cengkeh : untuk kesehatan jantung dan ginjal, sebagai anti ksidan, sebagai zat perangsang, mengatasi sakit gigi, mengatasi batuk peilek, perut mual dan sering muntah, dapat meringankan saluran pernafasan, karena itu bagus untuk penderita asma, memngatasi radang pada rongga mulut, dan mengatasi masalah masalah pada lambung.





Sebelumnya : Apotik hidup, Tanaman obat keluarga















Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tanaman obat keluarga, Manfaat Lada dan Cengkeh"

  1. Hebat juga manfaat lada dan cengkeh :O
    tp sayang tips pembuatannya ga ada ......

    ReplyDelete
  2. Cara menggunakan lada untuk mengobati wasir itu bagaimana ya?

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya sahabat, jika bekenan silahkan tinggalkan komentar yang membangun atau saran yang baik sebagai media silaturrahmi anatar kita.