Tanaman obat keluarga, Manfaat cabe jawa dan Alpokat

Cabe Jawa

Cabe Jawa (Piper retrofractum Vahl) adalah merupakan kerabat Piperaceae, yakni lada, sirih dan sejenisnya. Tanaman cabang jawa hidup menjalar pada pokok batang lain sebagai sebagai tempat terhambatnya. Atau bisa hidup menjalar pada tempat apa in yang bisa menopangnya. Tingginya bisa mencapai puluhan meter, tergantung pokok tempat merambat atau menjalarnya.
Cabe jawa merupakan tanaman asli indonesia, dan sudah menyebar keseluruh penjuru dunia.
Dan Tanaman ini bisa tumbuh di dataran tinggi ataupun dataran rendah,.
Tanam ini biasanya dimanfaatkan sebagai rempah atau bumbu dapur, karena rasa dan baunya yang khas.
Namun bukan hanya itu, tanaman ini paling sering dimanfaatkan sebagai ramuan herbal, campuran bahan dasar jamu, dan produk produk industri lain yang terus dikembangkan.





Kandungan cabe jawa :
Banyak kandungan senyawa dan zat kimia yang terkandung didalam cabe jawa ini, yang sangat bermanfaat buat tubuh, anatara lain :  zat pedas piperine, minyak asuru, alpha amirin, fenenol, dehydromatricaria ester, cineole, samar, terpinen, protein, karbhidrat,
gliserida, tannin, kariofelina,  beta caryophylene, quebrachitol, artemose, oxytocin, yomogi alkohol, ridentin

Manfaat cabe jawa :
Setelah dilakukan serangkain penelitian, ternyata tanaman herbal ini banyak mengandung zat yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia, antara lain : Sebagai obat masuk angin, sebagai pereda nyeri sendi dan otot, sering digunakan sebagai obat batuk dan flu, membantu mengatasi darah rendah dan anemia, untuk mengatasi kejang pada perut, mengobati demam dan panas dalam, untuk mengobati sakit gigi, membantu melancarkan peredaran darah, membantu meringankan penderita reumatik, penyakit beri beri, meringankan penderita Asma atau sesak nafas, mengatasi impotensi dan lemah syahwat, dan banyak manfaat lain.




Alpukat
Alpukat ( Persea americana Mill) adalah jenis tanaman yang mempunyai pokok pohon yang besar dan merupakan buah musiman.
Tanaman ini Berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, kemudian menyebar ke daratan asia termasuk indonesia. Tanaman ini sudah sangat dikenal di masyarakat indonesia.
Rasa buah nya yang rada gurih manis dan teksturnya yang lembut menjadikan buah ini disukai banyak orang. Paling sering dibuat jus dan minuman segar.

Kandungan alpukat :
Banyak kandungan yang bermanfaat pada buah alpukat ini untuk tubuh, antara lain : vitamin B2 B3 E, vitamin C, folat, kalium, pitoskalium, potasium, asam lemak omega-3, dan masih banyak zat lain.

Manfaat Alpukat :
Buah ajaib ini ternyata banyak mengandung manfaat untuk tubuh, dan bagian yang sering digunakan adalah buah, biji dan daun. Adapun manfaat lain dari buah ini adalah, Sangat baik untuk ibu hamil, membantu menjaga kesehatan mata, membantu menurunkan kadar kolestrol, obat kencing manis, mengatasi bengkak bengkak karena peradangan, mengobati sariawan, tambahan nutrisi untuk otak, mengatasi gejala stroke, sebagai sumber serat alami, sebagai sumber vitamin yang tinggi.


Artikel sebelumnya : Manfaat kunyit dan Lidah buaya


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Tanaman obat keluarga, Manfaat cabe jawa dan Alpokat"

  1. Cabe jawa??
    yang bisa saya tahu hanya cabe mereh, rawit, ijo, sama cabe kriting (Tapi ga keriting kaya rambut ya :D hehehhe)

    klo cabe jawa bentuknya baru liat :D
    apa di jual juga di supermarket2??

    Thanks infonya :)

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya sahabat, jika bekenan silahkan tinggalkan komentar yang membangun atau saran yang baik sebagai media silaturrahmi anatar kita.