Tanaman obat keluarga, Manfaat tanaman Kitolod dan Kencur

Tanaman Kitolod

Tanaman Kitolod (Laurentia logiflora) adalah jenis tanaman  Obat yang termasuk dalam famili Campanuaceae, ditemukan pertama kali di hindia, kemudian terus menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk indonesia. Tanaman ini mungkin sudah sangat familiar, namun untuk sebagian orang belum terlalu mengenal nya. Tumbuhan ini cukup mudah menemukan nya biasanya tumbuh didaerah lembab atau dataran rendah, seperti dipinggir kali, pinggir selokan, di tanah tanah yang selalu basah, dan sebagainya.
Tumbuhan ini banyak yang belum tahu manfaatnya, yang sangat banyak sekali.

Kandungan tanaman Kitolod :
alkaloid, saponin, flovonoid, polifenol, lobelin, lobelamin, isotomin, dan.
Manfaat Kitolod :
Kitolod sangat banyak manfaatnya, seperti sangat baik untuk mengobati segala jenis penyakit mata, seperti katarak,rabun jauh atau dekat, mata minus, juga sebagai Obat kanker, mengatasi Sakit gigi, meringankan penderita Asma atau sesak nafas, sangat baik untuk penderita Bronkhitis, mengobati radang tenggorokan, bisa dipakai untuk Obat luka, mengatasi diabetes, dan sebagainya.



Kencur

Kencur ( Kaempferia Galanga )  Adalah sejenis tanaman yang sudah sangat familiar dimasyarakat, bisa tumbuh di dataran tinggi ataupun dataran rendah, lebih bagus pertumbuhanya jika tumbuh di tanah subur dan gembur. Nama kencur diambil dari bahasa sanaskerta " kachora ".
Tanaman ini diperkirakan pertama kali ditemukan di india, kemudian menyebarluas hingga ke asia tenggara, dan menjadi tanaman favorites para petani jamu di indonesia. Namun banyak juga pihak yang memprediksi tanaman ini adalah merupakan. Tanaman asli indonesia, kemudian menyebar ke daratan asia hingga eropa.
Bisanya kencur ini sering dimanfaatkan  untuk dibuat penyedap makanan, dan bumbu dapur, dan juga paling sering dipakai untuk bahan dasar jamu, bersama jahe dan bahan herbal lainnya.

Kandungan tanaman kencur :
 tanaman ini mengandung berbagai zat dan senyawa yang sangat bermanfaat bagi tubuh, antara lain : sineol , asam metil kanil dan penta dekaan, asam sinamat, minyak pasutri, pati, etil ester, borneol, kamphene, paraeumarin, asam anisat, alkaloid, mineral, dan sebagainya.
Manfaat tanaman kencur : Tanaman ini dikenal memiliki segudang manfaat diantaranya : Sangat baik untuk mengatasi batuk, mengatasi radang pada rongga mulut dan tenggorokan,  mengobati masuk angin, melancarkan peredaran darah dan mengatasi darah kotor, baik untuk penderita keseleo, juga baik untuk obat mencret dan diare, perut kembung, bisa membantu menambah nafsu makan, mengatai nyeri pada persendian, sebagai anti oksidan, dan masih banyak manfaat lain.


Sebelumnya : Manfaat pinang, adem ati dan asam jawa

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanaman obat keluarga, Manfaat tanaman Kitolod dan Kencur"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya sahabat, jika bekenan silahkan tinggalkan komentar yang membangun atau saran yang baik sebagai media silaturrahmi anatar kita.