Tanaman obat keluarga

Indonesia adalah negara agraris yang sangat terkenal dengan aneka ragan tanaman yang tumbuh diatas tanahnya.indonesia juga sering disebut sebagai paru paru dunia, mengapa ??? itu karena hutan diindonesia masih sangat luas, yang mana keberadaan hutan ini sangatlah vital.
Hutan Sebagai Penghasil Oksigen (O2) serta Penyerapan CO2 dan fungsi lain  adalah sebagi sumber bagi tiga perempat air bersih, menstabilkan lereng dan mencegah tanah longsor dan banyak lagi fungsi hutan baik untuk masyarakat indonesia sendiri hususnya dan dunia pada umumnya.


dari sekian banyak nya jenis tanam tumubuh inilah ada beratus tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat alami, untuk berbagai macam penyakit, baik penyakit dalam ataupun penyakit luar,. mengapa sebagian orang lebih suka memanfaatkan tanaman alami sebagai obat dari pada jenis lain ??,.. jawabannya sederhana, karena bahan atau tumbuhan alami sudah dipergunakan turun temurun sebagi tanaman obat dan khasiat lainya, juga ramuan tumbuhan alami diyakini lebih terjamin dan lebih asli, karena tidak mengandung bahan bahan kimia yang bisa membahayakan tubuh, cara mendapatkannya pun lebuh mudah dan murah, khasiatnya pun sudah tidak diragukan lagi, karena banyak penderita penyakit akut dan kronis bisa sembuh tottal hanya dengan memanfaatkan tanaman obat yang ada disekitar.

jenis tanaman :
ada 300 lebh jenis tanaman disekitar kita yang bisa dimanfaatkan sebagai obat alami dan manfaat lain, namun disini kita akan uraikan beberapa jenis yang paling sering dimanfaatkan yang selalu ada disekitar kita.

bawang putih
Bawang putih (allium sativum) adalah jenus tumbuhan berumbi lapis, jenis tanaman ini merupakan jenis tanaman yang biasa hidup di dataran tinggi, namun sekarang dimasyarakat kita sudah bisa membudidayakanya di dataran rendah.
kandungan bawang putih : didalam bawang putih banyak sekali mengandung manfat untuk tubuh, antara lain kalsium,posfor, kalium, selenium, vitamin,saltivine, belerang, protein dan sebagainya, yang semuanya sangan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
didalam bawang putih juga mengandung berbagai senyawa seperti Allicin dan Aliin, minyak atsiri ,arginin, saponin.asam ferulic, dan sebagainya.
manfaat bawang putih : untuk mengobati Flu dan Batuk, melegakan pemampatan dan mengeluarkan lendir, membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit, mengatasi tekanan darah tinggi (hiprtensi), mengatsai penyakit jantung, mengatasi sakit tenggorokan,  melancarkan peredaran darah, mengatasi penyakit kulit, mengobati keracunan, penyembuh luka, meredakan penyakit asma, mengatasi masuk angin, dan masih sangat manfaat lain.

Bambu biji
Jambu Biji (Psidium guajava) adalah merupakan termasuk dalam keluarga keluarga Myrtaceae, pertama kali didatangkan dari negara asalnya brasil.
kandungan jambu biji : mineral seperti mangan dan magnesium, kaya vitamin C, asam linoleat, vitamin A, vitamin B, protein, karbohidrat, fosfor, serat dan sebagainya.
manfaaat : Mencegah Kanker, mengobati penderita demam berdarh, mengatasi penyakit diabetes, bagus untuk penderita jantung koroner, dan masih banyak manfaat lainnya.

Jeruk nipis
Jeruk nipis (citrusaurantifolia) adalah salah satu jenis tanaman yang paling sering dimanafaatkan yang ada disekitar kita,rasanya yang asam namun sangat baik buat kesehatan tubuh.
kandungan jeruk nipis : Lemak,Kalsium,Fosfor,Glikosida,Asam amino, Vitamin C, belerang, Asam askorbat, Zat besi, magnesium, kalium, Minyak atsiri.
manfaat jeruk nipis ; sangat baik untuk mengatsi flu dan batuk, mengatsi nyeri haid untuk wanita, untuk mengobati kepala pusing atau vertigo, membantu menghilangkan bau badan, membantu mengatasi jerawat, dapat digunakan untuk penambah naffsu makan, dan sebagainya.

bunga kumis kucing
kumis kucing (Orthosiphon aristatus) adalah merupakan asli tumubuhan indonesia.
kandungan  kumis kucing : mengandung diterpenoid, benzokromen, flavonoid, Saponin, minyak atsiri, glucosit orthosiphonin, Kalium, Saponin.
manfaat bunga kumis kucing : untuk mengatasi hipertensi Darah tinggi, mengobati penyakit  Kencing batu, bagus Untuk penderita batu ginjal, untuk mengatasi sembelit, untuk mengobati kencing manis, melancarkan perdaran darah, dan manfaat lainnya.

 Masih banyak jenis tanaman lain, kandungan serta manfaatnya. kita akan bahas pada artikel selanjutnya.

 Selanjutnya : Manfaat tanaman Jahe dan Adas





Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Tanaman obat keluarga"

  1. Emang indonesia sungguh kaya akan tanaman2 yang berkhasiat :)
    Sip artikelnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuph... itulah indonesia gan, makasih kunjungan nya :)

      Delete

Terimakasih atas kunjungannya sahabat, jika bekenan silahkan tinggalkan komentar yang membangun atau saran yang baik sebagai media silaturrahmi anatar kita.