Tanaman obat keluarga, Manfaat Adas dan Jahe

Tanaman adas untuk kesehatan
Adas atau bahasa latinnya Foeniculum Vulgare Mill merupakan slah satu jenis tanaman yang berhasiat sebagai tanaman herbal dan biasa digunakan sebagai ramuan obat alami dan campuran bumbu dapur.
tumbuhan ini habitat aslinya adalah berasal dari daratan asian dan eropa selatan.kemudian menyebar keseluruh penjuru dunia, termasuk indonesia.tanaman ini sangat dikenal karena khasiatnya, dan baunya yang harum yang berasal dari bunganya,.daunya juga biasa dibuat sebagai tambahan sayur.

Kandungan dalam adas : Asam anisat, fenkon, pinen, Zat Besi, histidin, asam amino, minyak esensial, asam aspartat, potasium, Kalium, Cineole, Anetol,stigmasterin, felandren, metilchavikol, anisaldehid, minyak asiri, Dan sebagainya.

manfaat adas untuk kesehatan :
manfaat tanaman adas sangatlah baik bagi kesehatn dan kebugaran tubuh, diantaranya : mengencerkan dahak, menghancurkan batu ginjal, memperlancar dan memperbanyak ASI, menghangat tubuh bayi dan anak-anak, perut kembung, mual, diare,mengobati batuk disertai dahak, mengatasi penyakit sesak nafas (asma), meningkatkan nafsu makan, insomnia, melancarkan haid, mengurangi rasa nyeri pada penderita batu empedu, mengatasi masalah pada saluran sperma,dan sebagainya.


Tanaman Jahe
 
jahe (Zingiber officinale Roscoe) adalah jenis rempah atau tanaman yang sudah sangata familiar di masyarakat kita.tanaman ini adalah jenis tanamn yang hidupnya semusim, tinggi tanaman ini antara 40-6ocm bahkan bisa lebih.. dalam dunia pertanian kita dikenal 3 jenis jahe, jahe merah (Rimpangnya berwarna merah), jahe gajah atau jahe badak (Rimpangnya lebih besar & gemuk) dan jahe sunti atau jahe emprit(ruas atau rimpangnya kecil kecil).

Kandungan jahe : mengandung minyak atsiri yang tinggi, zingilberene, shogol, zingiberen, zingiberol, fellandren,  vitamin A, B1, C, lipidas, protein, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, resin pahit,  serotonin, enzym protease dan lipase, dan sebagainya.

Manfaat jahe : mengobati batuk dan jenis jenis batuk(batuk kering,berdahak, batuk karena alergi dsb), mengatasi sakit tengorokan, membantu menurunkan tekanan darah untuk penderita hipertensi, penangkal atau penetral radiasi bebas, juga baik untuk mengobati luka, menambah nafsu makan, mengobati sakit kepala, perut kembung dan mual, membantu melancarkan peredaran darah, baik untuk mengatasi encok, reumatik dan pegal linu, dan masih banyak manfaat serta kegunaan lainnya.


Sebelumnya : Cara alami atasi masuk angin




















Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanaman obat keluarga, Manfaat Adas dan Jahe"

Post a Comment

Terimakasih atas kunjungannya sahabat, jika bekenan silahkan tinggalkan komentar yang membangun atau saran yang baik sebagai media silaturrahmi anatar kita.